Rabu, 13 Januari 2010

Cara Membuat Subtitle

Cara paling mudah untuk mendapatkan subtitle film berbahasa indonesia adalah dengan membuatnya sendiri. Caranya cukup gampang, yang dibutuhkan adalah sebuah subtitle bahasa inggris dari film yang kita inginkan, notepad, koneksi internet dan google translate. Waktu pengerjaan juga tidak memakan waktu yang lama, kurang dari 10 menit tergantung koneksi internet yang dipakai. Langkah-langkahnya akan saya paparkan sebagai berikut:

1. Download subtitle film yang kita inginkan untuk diubah ke indonesia, bisa bahasa apa saja tetapi saya rekomendasikan subtitle yang berbahasa inggris. Subtitlenya bisa di cari disini.
2. Setelah terdownload, buka subtitle (biasanya berekstensi .srt, .txt, atau .sub) tersebut dengan notepad.
3. Buka translate.google.co.id pada jendela browser (firefox, opera, ie).
4. Salin isi subtitle yang telah di buka di notepad ke kolom translate.
5. Klik terjemahkan dan pastikan translasi dari inggris > indonesia.
6. Setelah diterjemahkan, salin teks yang telah diterjemahkan ke file notepad baru.
7. Karena keterbatasan google maka hanya sebagian teks yang berhasil diterjemahkan. Maka ulangi langkah 4, tetapi yang disalin adalah teks yang belum diterjemahkan. Ulangi terus sampai semua teks berhasil di terjemahkan. Biasanya 2-3x proses sudah cukup untuk menterjemahkan keseluruhan subtitle.
8. Setelah berhasil diterjemahkan, pada file notepad baru yang telah kita buat, ganti semua tanda "->" ke "-->" dengan cara pada notepad klik menu edit > replace, atau ctrl+H. Pada "find what" isi -> dan replace with -->.
9. Jika sudah terganti, subtitle siap digunakan.

1 komentar:

  1. ngubah subtitle dari unduhan youtube bisa gak??
    thanks sblumnya.... :)

    BalasHapus